Friday, December 7, 2012

Membuat kartu nama




Kartu nama merupakan alat peomosi yang banyak digemari kebanyakan orang. Karena model dan bentuknya yang simpel dan imut, membuatnya mudah disimpan dan dibawa kemana-mana. Biasanya orang menyimpannya di dalam dompet. Selain itu, terkadang kartu nama bisa membuat bangga bagi sipemilk. Ini di karenakan tidak semua orang memiliki kartu nama,kebanyakan kaum elit berduit atau orang yang punya posisi jabatan tertentu yang biasa  

Sebelumnya aku minta maaf sobat, karena aku ini orang paling ngeri kalo ngomongi masalah status sosial kayak tulisan diatas. Masa punya kartu nama saja harus jadi orang berduit dulu atau gak gitu punya jabatan tinggi dulu ????? Hehehehehe,,,emang kita gak boleh kalo punya kartu nama? Emangnya kita  gak punya sesuatu yang bisa kita promosiin pake kartu nama geto???!! Heheheh,,,, becanda Sob! Yaph,,,Siapapun kita, apapun kerjaan kita harus tetap survive,,,okeyyyy? Paling tidak kita bisa dikenal orang lewat kartu nama geto,,,hehehehe.
Sekarang mari sama-sama kita belajar tentang cara membuat membuat kartu nama. Disini saya akan sedikit memberi contoh cara membuat kartu nama menggunakan aplikasi Coreldraw ( maaf kebetulan saya dirumah ada usaha percetakan kecil-kecilan, jadi yang akan saya buat ini adalah kartu nama saya sendiri ).
Untuk mendapatkan hasil kaya gambar diatas, langkah-langkah yang pelu kita lakukan adalah sebagai berikut:
1.      Buka aplikasi Coreldraw ( Untuk langkah membuka aplikasi Coreldraw silahkan dibuka postingan sebelumnya tentang memulai aplikasi Coreldraw )
2.      Setelah aplikasi terbuka, atur halaman untuk area cetak yaitu kita pake ukuran umum 90mm x 55mm.


3.      Klik Ractangle tool pada Tool Bar, kemudian bentuk kotak di area cetak ( klik kiri mouse dan jangan dilepas/draging sampai dengan ukuran sembarang). Atur ukuran kotak menjadi 90mm x 55mm dengan cara mengisi pada property bar length = 90 dan width = 55 lalu tekan enter.

4.      Untuk mengatur warna klik pilihan Fill pada Tool box( sebelah kiri nomor 2 dari bawah ). Pilih pilihan Fountain Fill, lalu pada isian Type pilih radial dan pada opsi Color Blend pilih Two colour. Pada pilihan :
Ø  From : pilih warna Pantone 540C. Langkahnya adalah Klik kotak warna yang ada di sebelah From. Lanjutkan dengan mengklik tombol other untuk mencari warna yang sesuai dengan contoh diatas. Dan kita pilih Pallettes (bagian atas sebelah kiri) yang mana akan muncul pilihan warna berupa kotak-kotak warna. Langsung saja pada isian Name tuliskan PANTONE 540C lalu enter. 


Ø  To : pilih warna Sky blue dengan cara mengklik kotak warna yang ada disebelah To lalu pilih warna Sky Blue.
Biarkan Mid Point pada posisi 50 lalu tekan OK.
5.      Atur letak kotak pada posisi center dengan cara mengisi kolom koordinat pada tool bar X=45 mmdan Y=27,5 mmlalu enter.
6.  Langkah selanjutnya adalah membuat tulisan DWISSKO PRINT dan seterusnya. Adapun langkahnya adalah sbagai berikut:
Ø  Klik Text Tool pada tool box. Kemudian klik di area cetak dan tuliskan DWISSKO PRINT dan seterusnya. Setelah itu klik pick tool agar lepas dari efek text tool. Setelah itu pilih jenis font menjadi Comic Sans MS. Blok tulisan DWISSKO PRINT dan atur ukuran fontnya menjadi 14 kemudian blok tulisan PERUM JAYA REGENCY dan seterusnya menjadi 9.
Ø  Selanjutnya adalah atur warna tulisan dengan mengklik pilihan warna pada color palette dengan warna Red. Kemudian atur letaknya dengan mengisi koordinat X=45 dan Y=47 lalu enter. Berikutnya duplikat dan geser duplikatnya dengan mengisikan pada Dokker Window (sebelah kanan monitor pada pilihan tranformasion) dengan nilai H=0,5 mm dan V=-0,5 lalu klik Apply. Setelah itu ganti warna duplikat tersebut dengan warna putih.
7. Untuk langkah selanjutnya yaitu pembuatan tulisan yang lainnya, gunkan langkah yang sama dengan langkah no "6".  Hanya saja bedanya kalo tulisan DWISSKO PRINT memakai list putih, maka untuk tulisan yang tidak ada listnya maka langkah duplikat tidak digunakan. Selain itu jenis Font yang digunakan juga berbeda. Setelah itu atur  letaknyasesuai selera atau mungkin mau seperti contoh juga silahkan. 
8. Selanjutnya adalah membuat lengkung yang menjadi background tulisan EKO SUGIANTO dst. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment