Thursday, October 24, 2013

Cara Setting Undangan Blangko Dengan CorelDraw

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam sejahtera bagi kita semua

Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara menyeting Undangan dengan Corel Draw. Yah mungkin ini memang terkesan sepele bagi para Master Corel Draw, tapi ini akan sangat membantu untuk pemula seperti saya ini. Mudah - mudahan, Amin.

Setting undangan biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis percetakan umumnya, tetapi juga akan sangat bermanfaat bagi mereka yang akan menikah dan ingin membuat atau ngeprint undangan sendiri. Loh ko bisa ngeprint undangan sendiri? ya karena sekarang di toko kertas banyak sekali terjual berbagai macam contoh undangan kosongan alias blanko atau juga undangan yang tinggal kasih (ngeprint) tulisannya saja. Sekedar berbagi (sebelumnya maaf untuk para pelaku bisnis percetakan bukan berniat menjatuhkan) kalo kita pesan undangan pada jasa percetakan, mungkin kita akan dikenakan biaya yang lumayan. Maka dari itu untuk sedikit meringankan biaya pernikahan maka bolehlah kita manfaatkan perlengkapan komputer yang kita miliki,,, ya kan ??? Hehehe,,,,

Dah langsung sajalah ,,,,,,( ehm,,mohon maaf disini saya akan menggunakan blangko undangan jenis Cyrus )

Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ;

1. Nyalakan komputer kemudian buka aplikasi CorelDraw
2. Selanjutnya ambil blangko undangannya, serta siapkan penggaris karena alat ini akan sangat membantu  untuk proses settingnya.
3. Ukur panjang dan lebar blanko undangannya.
4. Setelah itu atur area kerja CorelDraw sesuai dengan ukuran blangko undangannya.
5. Jika sudah maka ketiklah tulisan yang umunya di gunakan di undangan pernikahan
6. Atur letaknya sesuai dengan yang anda inginkan.
7. Selesai,,,, mudah ya,,,

Langkah lain yang lebih mudah dan ini yang umum dipakai pelaku percetakan adalah dengan men-Scan blanko undangannya, sehingga kita tinggal ngepasin aja letak tulisannya sesuai letak yang semestinya. Tapi ini juga harus berhati-hati karena dikhawatirkan hasil Scannya miring.

Demikian sedikit sharing pengalaman dari saya semoga bermanfaat. Amin.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment